Apresiasi Disdikpora Anambas, Berhasil Tambah Kuota Beasiswa ADik Dari 20 Jadi 100 Penerima

Anambas, lancangkuningnews.com, 31/05/2024 – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas terus berupaya memperluas kesempatan pendidikan bagi siswa di Kabupaten Anambas Tahun ini, kuota Beasiswa ADik (Afirmasi Pendidikan Tinggi) untuk Anambas telah ditingkatkan dari 20 menjadi 100 penerima.

Upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan merupakan langkah penting untuk mengurangi ketimpangan kesejahteraan antar daerah, serta memperkuat nasionalisme dan persatuan di seluruh Indonesia. Program beasiswa ADik, yang dikelola oleh Pusat Layanan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, memberikan kesempatan kepada anak-anak dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas, Tony Karnain, menegaskan bahwa program beasiswa ini khusus untuk anak-anak dari wilayah 3T, termasuk Anambas. “Kami termasuk dalam kategori yang telah ditetapkan pemerintah. Jadi, bagi adik-adik yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah, silahkan mendaftar. Semoga permohonan diterima oleh pihak penyelenggara,” kata Tony.

Pada awalnya, Anambas hanya mendapatkan jumlah kuota untuk 20 siswa. Namun, setelah Tony bertemu langsung dengan pihak penyelenggara di Jakarta, kuota tersebut berhasil ditingkatkan menjadi 100 siswa. “Jika kuota tidak ditambah, tentu akan timbul konflik dan kecurigaan di masyarakat,” ujarnya.

Pendaftaran beasiswa ADik telah dibuka sejak 14 Mei 2024 dan akan ditutup pada 14 Juni 2024. Untuk tahap pertama, pendaftaran di Anambas telah ditutup karena kuota sudah terpenuhi. “Saya masih menunggu informasi dari Kementerian kapan pendaftaran akan dibuka kembali,” tambah Tony.

Dengan peningkatan kuota ini, diharapkan lebih banyak siswa Anambas dapat melanjutkan pendidikan tinggi dan berkontribusi pada Pembangunan Daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *