Kabupaten Anambas, Harga Bawang Melambung, Pasokan Berlimpah, Minat Beli Masyarakat Menurun

lancangkuningnews.com. Anambas, 13/05/2024 – Harga bawang di Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami lonjakan drastis akhir-akhir ini, namun minat beli masyarakat cenderung menurun.

Soni (31), seorang pedagang bawang di wilayah Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Anambas, mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang terjadi dalam beberapa minggu terakhir. “Harga bawang naik, tetapi kualitasnya tetap bagus,” ungkapnya kepada media, Senin (13/5/2024).

Biasanya, para pedagang di Tarempa mendapatkan pasokan bawang merah dari luar daerah. Meskipun harganya naik, kualitas bawang yang dijual tetap terjaga. Namun, saat musim hujan tiba, harga jual bawang merah cenderung murah namun kualitasnya kurang bagus.

“Saat ini harga bawang mencapai Rp 35 ribu per kilogram, naik dari sebelumnya yang sempat turun hingga Rp 30 ribu per kilogram,” tambahnya.

Meskipun demikian, penjualan bawang mengalami penurunan. Soni menduga bahwa kemungkinan pembeli sudah banyak menyetok di rumah sehingga hanya membeli dalam jumlah kecil.

Di sisi lain, seorang pembeli di Pasar Inpres Tarempa, Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Ria, mengeluhkan perbedaan harga bawang di berbagai meja penjual di pasar tersebut.

“Harganya berbeda-beda, seharusnya sama. Mohon kepada dinas terkait untuk memeriksa lagi pasar ini,” pintanya.

Ria juga berharap agar harga bawang tetap stabil dan tidak naik turun secara tiba-tiba, demi kesejahteraan masyarakat kecil dalam berbelanja.(FD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *