Aksi Damai, Perwakilan Melayu Hadir Dari Beberapa Daerah Luar Maupun Dalam Kepri

lancangkuningnews.com. Batam 11/9/2023  -Aksi Damai Penolakan  Relokasi Pulau Rempang dan Galang yang akan dijadikan Proyek  Strategis Nasional (PSN)  Rempang Eko City, berakhir  Ricuh, hal itu berlangsung di Bundaran kantor BP Batam Jalan Engku Putri Batam Center  Kepulauan Riau. (11/9/2023)

Berawal pada pukul 8.00 wib perwakilan masyarakat Melayu dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Pekanbaru, Siak , dan kabupaten kota se-kepri  berkumpul di gedung LAM kota Batam, untuk melakukan unjuk rasa pasca kericuhan yang terjadi di jembatan 4 barelang serta meminta penolakan pembangunan kawasan ECO City dengan berorasi disepanjang jalan secara konvoi menuju kekantor BP Batam.

Dalam orasinya, Koordinator Umum Laskar Pembela Marwah Melayu, Ori menyampaikan lima poin-poin tuntutan mereka diantaranya,

Pertama, tolak relokasi 16 titik Kampung Tua di Rempang-Galang.

Kedua, Meminta tim terpadu membubarkan posko-posko yang telah didirikan di Rempang dan meminta aparat penegak hukum untuk menghentikan upaya intimidasi masyarakat Rempang-Galang.

Ketiga, Meminta Presiden Jokowi untuk mencopot Kepala BP Batam dari jabatannya.

Keempat, Meminta saudara-saudara kami yang ditahan di Polresta Barelang untuk dibebaskan tanpa syarat.

Kelima, Mohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia atas kedzaliman penguasa dan pengusaha atas masyarakat kami yang berada di Rempang-Galang

Tiba-tiba terjadi kericuhan diduga dipicu lantaran pengunjuk rasa merasa tak puas dengan  penjelasan yang disampaikan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi saat menemui massa terkait Pengembangan Pulau Rempang-Galang.

Massa yang demo lalu bertindak anarkis  berusaha mencoba menerobos masuk ke Kantor BP Batam dengan melemparkan batu dan kayu ke arah gedung hingga porak poranda, Laporan Wartawan Lancangkuningnews.com. dari pantauan lokasi kejadian 14 orang diamankan oleh petugas saat itu mereka dibawa dengan menggunakan mobil tahanan untuk menjalani pemeriksaan di Polresta Barelang. (BD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *